Sabtu, 11 Mei 2013

IKASMA AYOO BERGERAK

    Sejarah berdirinya SMA Negeri 1 Kebumen

  •    Tanggal 21 Agustus 1958 terbit surat Keputusan Departemen PP dan K nomor 26/SK/B III tentang daerah-daerah yang mendapat SMA Negeri. Kebumen Termasuk suatu daerah yang mendapat SMA Negeri dengan bagian-bagian A, B, dan C mulai 1 Agustus 1958.
  •      Untuk merealisir SK Menteri PP dan K tersebut dibentuk Panitia SLA yang diketuai oleh Bp. R. Prodjosudarpo (mantan Bupati Kebumen waktu itu).Dengan dukungan dan bantuan dari masyarakat yang disponsori oleh GKBI dan CV Dieng, panitia SLA berhasil membangun ruang kelas sebanyak 4 lokal lengkap dengan mebelairnya dan 6 buah kamar kecil dengan biaya   Rp. 600.000,- (Enam ratus ribu rupiah).
  •     Tanggal 1 Agustus 1959 secara resmi SMA Negeri Kebumen dibuka dengan jumlah siswa 157 orang terbagi jurusan A = 1 kelas, B = 2 kelas dan C = 1 kelas untuk tahun ajaran 1959/1960.Jumlah pengajar sebanyak 12 orang, 1 orang sebagai Kepala Sekolah yaitu Bp. R. Sukardiman, Pegawai Tata Usaha 3 orang. Ruang Guru dan Ruang Tata Usaha dibuat secara darurat di emperan sekolah.
  •      Penyediaan sarana dan prasarana terus berlangsung dan sampai tahun 2010-2013 telah dibangun Perpustakaan 2 lantai, ruang multimedia, lab. kimia , lab Fisika, lab TIK, revitalisasi dan pembangunan ruang kelas baru sejumlah 24 kelas.
BANGUNAN GEDUNG SMA NEGERI 1 KEBUMEN
SMA Negeri 1 Kebumen merupakan SMA tertua dan SMA Favorit di Kabupaten Kebumen dengan segudang prestasi, dengan sarana dan prasarana yang terbatas didirikan pada tanggal 1 Agustus 1958. Bahkan sampai sekarang sebagian besar bangunan belum pernah direhab. Demikian juga dari segi jumlah, masih sangat membutuhkan:  banyak ruang kelas, laboratorium bahasa yang memadahi, ruang multimedia, ruang aula, Masjid atau Mushola, Asrama Siswa atau guest house, Sanggar, ruang ketrampilan, ruang PSB, ruang arsip, ruang cetak, gudang, kantin, tempat parkir , ruang OSIS dan organisasi sekolah lainnya yang ada di SMA Negeri 1 Kebumen. Demikian juga kondisi ruang kantor, ruang pimpinan dan ruang guru sangat kurang memadahi sehingga perlu adanya peningkatan kuantitas dan kualitas bangunan-bangunan yang ada di SMA Negeri 1 Kebumen. 
            RENCANA PENGEMBANGAN GEDUNG SMA NEGERI 1 KEBUMEN
 Dari data ruang yang ada maka SMA Negeri 1 Kebumen masih kekurangan ruang Kepala sekolah, ruang wakil kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas, ruang aula, ruang multimedia, laboratorium bahasa, ruang produksi, ruang PSB, ruang arsip, ruang Sanggar, ruang ketrampilan, ruang komite, musholla, ruang OSIS, dan ruang penunjang lainnya. Dalam rangka memenuhi kebutuhan sarana khususnya kebutuhan gedung. SMA Negeri 1 Kebumen dengan melibatkan unsur guru , karyawan, komite , tenaga ahli dan stageholders dengan mempertimbangkan kemajuan yang begitu cepat dan kebutuhan yang terus bertambah maka telah membuat sebuah perencanaan yang menyeluruh yang tertuang dalam sebuah ” MASTER PLAN SMA NEGERI 1 KEBUMEN” berikut:

MASTER PLAN SMAN 1 KEBUMEN
 
video

 

 Alumni yang saat ini menjadi guru atau karyawan di SMAN 1 Kebumen
1.   Bapak Drs. Bambang Suryono (Guru Biologi)
2.   Bapak Drs. Rojikun (Guru Bahasa Inggris)
3.   Ibu Dra. Hj. Rini Wiratmi (Guru Fisika)
4.   Bapak Drs. Triyanto Hadi Purwoko (Guru Matematika)
5.   Bapak Drs. Jubaedi (Guru Olah Raga)
6.   Bapak Drs. Rokhiman (Guru Matematika)
7.   Nurul Hidayah, S.Si. (Guru Kimia)
8.   Bapak Ary Listijono, S.IP. (Kepala Urusan Tata Usaha)
9.   Ibu Retno Chidsri Fitriasih (Petugas Perpustakaan)
10. Ibu Eny Widayaningsih (Staf Tata Usaha)
11. Ibu Tri Lestari, S.Pd.Si.,M.Pd. (Guru Kimia)
12. Ibu Retno Dwiastuti (Petugas Perpustakaan)
13. Ibu Sri Sudarwati (Staf Tata Usaha)
14. Ibu Nur Fahmi Muhaiminati, S.Pd. (Guru Bahasa Indonesia)
15. Ibu Ken Lestari, A.Md. (Guru Bahasa Jepang)
16. Ibu Ismi Mu’affifah, S.Pd. (Guru/Laboran Kimia)
17. Ibu Latih Andrasari, S.Pd. (Guru Biologi)

Tidak ada komentar: